Tips Melacak Keyword Pengunjung Blog Anda

Jumat, 11 Desember 2009

Tulisan berikut ini merupakan hasil uneg-uneg saya dan sudah lama tersimpan di draf blogger. Setelah saya mencari informasi kemana-mana akhirnya saya menemukan sedikit gambaran dan saya sedikit memahami cara melacak keyword pengunjung tersebut.

Entah kenapa saya ingin membagi pengalaman ini dengan blogger yang lain, emang sich tips ini sudah rada basi dan mungkin juga sudah sering dibahas diblog lain. Tapi nggak apa-apa deh…, itung-itung belajar menulis.

Sebagai seorang newbie dalam dunia blogging sering muncul pertanyaan dibenak saya (mungkin anda juga begitu ya…) kira-kira dari mana datangnya pengunjung blog saya? Apakah dari blog lain atau mesin pencari?. Kalau dari mesin pencari, kira-kira mesin pencari yang mana? Google, Yahoo atau dari mesin pencari yang lain? Terus, kata kunci apa yang pengunjung gunakan untuk menemukan blog ini?.

Dan masih banyak pertanyaan lainnya…klu disebutin semua ntar malah jadi bosen lagi…

Kalau anda tanya untuk apa melacak keyword pengunjung, sejujurnya saya juga kurang mengerti, tapi yang saya tahu bahwa penting sekali untuk mengetahui tipe audien blog kita. Kenapa? Untuk mengetahui informasi jenis apa sebenarnya yang dicari oleh pengunjung blog anda. Itu saja? Tujuannya? Dengan informasi itu anda jadi tahu artikel jenis apa yang jadi sumber traffic blog anda.

Atau dengan mengetahui keyword pengunjung kita bisa lebih fokus untuk membuat artikel/tutorial sesuai dengan topik yang banyak dicari oleh pengunjung blog anda. Gimana? Berguna juga kan.

Tapi, menurut saya cukup menarik untuk menganalisa statistik blog, seperti ada kesenangan sendiri. Selain itu kita jadi tahu berapa banyak orang yang berkunjung, berapa banyak suatu artikel ditampilkan, mana artikel populer, darimana mereka datang, dari blog tetangga, dari search engine google atau search engine yahoo. Klu dari search engine, keyword apa yang mereka gunakan untuk menemukan blog kita. Ada yang mau menambahkan?

Ternyata emang benar mesin pencari bisa menyumbang sumber traffic blog paling besar, terbukti diblog ini 85% sumber traffic blog berasal dari mesin pencari google, disusul dari hasil komentar/blogwalking diblog tetangga, traffic dari bertukar link, tutorial/artikel blog ini yang di copy/paste diblog lain (saya nggak keberatan kalau artikel/tutorial diblog ini di copas, asalkan dibuatkan sumber aslinya atau link keblog ini), traffic dari social media seperti mybloglog.com, plusmo.com, dll.

Beberapa bulan belakangan ini, saya sering melacak keyword yang sering digunakan pengunjung untuk menemukan blog ini. Dari beberapa keyword yang paling sering diketik oleh pengunjung adalah: contoh review situs, blog + pemula, seo tutorial, pasang shout box di blog, blog pemula, buat blog, cara membuat blogger, template adsense blogspot, cara membuat blog, cara adsense di kanan posting blogspot, tutorial bidvertiser, cara menambah recent visitor di blogspot, menampilkan recent visitor, promosi blog, dll.

Dari hasil analisa keyword pengunjung blog tersebut saya melihat topik yang paling banyak dicari adalah tentang blog dan adsense, jadi sekarang saya bisa lebih fokus membuat tutorial blogging. Selain informasi tersebut saya menemukan fakta bahwa keyword tersebut tidak selalu terdapat dibagian isi blog (content blog) tetapi pada bagian-bagian yang rada aneh, misalnya: dari komentar yang ditulis oleh pengunjung, dari deskripsi blog, kode html untuk tukar link seperti yang terdapat pada sidebar blog ini.

Klu anda mau punya pengalaman dan mau berbagi untuk rekan-rekan blogger silahkan pada bagian komentar ya :).

Awalnya saya ingin artikel ini ditulis secara tuntas dengan satu kali posting saja, tapi saya takut anda malah jadi bosan kalau tulisan ini terlalu panjang. Jadi, saya putuskan untuk membaginya jadi 2 (dua) tulisan.

Jadi, tunggu tulisan berikutnya tips melacak pengunjung blog anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Member

 
Copyright © Bodhi Blog